Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 4 Halaman 120, 123, 124, 125, 126, 128
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 4 Halaman 120, 123, 124, 125, 126, 128 -Pembelajaran Kelas 2 Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia , Matematika dan SBDP.
Related
Pembelajaran 3
Dayu dan teman-teman membuat kerajinan.
Mereka membuat karya membentuk dari tanah liat.
Banyak benda yang dapat dibuat dari tanah liat.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 120
Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah liat?
Alternatif Jawaban :
Teko, tempat pensil, boneka, vas bunga.
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan dari tanah liat?
Alternatif Jawaban :
Tanah liat, air, alat pembentuk tanah liat, pewarna.
Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!
Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat
1. Siapkan tanah liat dan air secukupnya.
2. Siapkan tripleks atau papan kayu sebagai alas.
3. Siapkan gambar rancangan (model).
4. Tempatkan tanah liat di atas tripleks atau papan kayu sedikit demi sedikit.
5. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan.
6. Tambahkan bahan jika kurang, sebaliknya kurangi bahan jika berlebih.
7. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu.
8. Berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail dan dihaluskan.
Ayo Berkreasi
Buatlah sebuah kerajinan dari tanah liat!
Tirukan bentuk boneka atau benda-benda di sekitarmu!
Dengarkan petunjuk gurumu terlebih dahulu!
Ayo Mengamati
Dayu dan teman-teman telah selesai membuat kerajinan dari tanah liat!
Coba amati gambar di samping!
Kerajinan Dayu berupa vas bunga.
Vas bunga Dayu berbentuk prisma.
Prisma merupakan contoh bangun ruang.
Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 123
Ayo Berlatih
Tunjukkanlah ruas-ruas garis pada bangunbangun ruang berikut!
Alternatif Jawaban :Ruas garis pada gambar adalah :
1. BC, CD, BD, FG, GH, FH, DH, BF, CG
2. AB, BC, CD, AD, AE, BE, CE, DE.
3. AB, BC, AC, AD, BD, CD.
4. AB, BC, CD, DE, AE, AT, BT, CT, DT, ET.
5. KL, LM, MN, NO, OK, PQ, QR, RS, ST, PT, KP, LQ, MR, NS, OT.
Ayo Mengamati
Membuat kerajinan dari tanah liat dapat membuat lingkungan menjadi kotor.
Setelah membuat kerajinan, lingkungan harus segera dibersihkan.
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 124, 125
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan teman-teman?
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat kerajinan yang kotor dibiarkan?
Alternatif Jawaban :
1. Membersihkan tempat mereka yang kumuh, becek, dan berantakan.
2. Membersihkannya.
3. Mendukung pendapat Dayu dan ikut membersihkan.
4. Setuju karena ruang kelas harus bersih agar pembelajaran nyaman.
5. Tempat menjadi becek, kumuh, dan berantakan, sehingga tidak bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 126
Ayo Berdiskusi
Isilah teka-teki silang berikut dengan benar!
Mendatar:
1. Tempat yang berair.
Menurun:
2. Noda atau kotoran berupa bintik-bintik kecil.
3. Kotor dan tercemar.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Tempat yang Kumuh dan Becek Harus Dibersihkan
Tempat yang kumuh dan becek harus dibersihkan. Tempat kumuh membuat lingkungan bau. Bau tidak enak akan membuat tempat tidak nyaman. Udara di sekitar menjadi tercemar. Pencemaran lingkungan bisa menimbulkan penyakit.
Tempat yang becek juga dapat membahayakan diri. Tempat yang becek mengandung air. Jika tidak berhatihati, saat berjalan dapat terpeleset dan jatuh. Kepala bisa terbentur ke lantai. Oleh sebab itu, kita harus menjaga keselamatan diri. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan agar tidak kumuh dan becek.
Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?
Alternatif Jawaban :
Tempat yang kumuh dan becek harus dibersihkan karena dapat membahayakan diri.
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dan hubungkan dengan lingkungan di sekitarmu!
Apa saja informasi yang kamu peroleh dari gambar?Alternatif Jawaban :
Sebuah meja tempat membuat tanah liat yang berantakan. Meja tersebut kotor, dipenuhi bercak tanah lit. Ada genangan air yang membuat becek dan kumuh.
Adakah lingkungan di sekitarmu seperti gambar?
Alternatif Jawaban :
Ada, misalnya saat Ibu di rumah membuat kue.
Ayo Menulis
Buatlah hasil pengamatanmu terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 Halaman 128
Tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :Lingkungan yang Becek dan Kumuh
Lingkungan yang becek dan kumuh karena tidak dibersihkan dan dirapikan dengan baik. Sampah dibiarkan berserakan. Bekas pekerjaan dibiarkan tergelatak dan berantakan. Terdapat juga genangan air yang membuat basah. Hal itu membuat suasana terlihat kumuh. Lingkungan yang becek sangat disenangi oleh nyamuk dan serangga lainnya. Oleh sebab itu harus dijaga dan dirawat dengan baik supaya indah serta sehat.
Bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua membimbing siswa menunjukkan berbagai bentuk bangun ruang di lingkungan sekitar. Menemukan ruas garis yang membatasi setiap bangun ruang yang ditunjukkan.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 4 Halaman 120, 123, 124, 125, 126, 128. Kelas 2 Tema 4 Bersih dan Sehat Subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.
0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 2 Tema 4 Halaman 120, 123, 124, 125, 126, 128 "
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.